Angry Birds -  Red Bird
<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Waspadai Bahaya di Balik Status Jejaring Sosial

Waspadai Bahaya di Balik Status Jejaring Sosial

Waspadai Bahaya di Balik Status Jejaring Sosial, Indonesia merupakan pengguna Facebook terbesar ke tiga di dunia puluhan juta akun dan pengguna twitter terbesar kelima juga puluhan juta di tahun 2012 ini. betapa besar antusiasme masyarakat tanah air terhadap media jejaring sosial,yang berarti tingginya kesadaran masyarakat menggunakan teknologi. bayangkan jumlah pengguna kedua situs jejaring sosial tersebut bahkan melebihi dari jumlah penduduk di indonesia. namun sebagian dari anda mungkin tidak menyadari bahwa bersosialisasi di dunia maya atau bahkan sekedar update status menyimpan bahaya sendiri.berikut beberapa resiko yang mungkin anda hadapi jika kurang bijak ber-jejaring sosial.
1. Menjadi korban kejahatan
hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari kejahatan tentunya dengan hanya membuat hubujngan pertemanan dengan orang yang benar-benar anda kenal di dunia nyata.atau jika anda berniat untuk menambah teman baru di jejaring sosial,selidiki dulu orang yang anda ingin tambahkan sebagai teman,karna akun yang menggunakan data palsu pun banyak beredar.
2. Privasi terganggu
Tidak sedikit pengguna yang tak menyadari bahwa status atau tweet yang dibaginya pada media jejaring sosial bisa disaksikan oleh puluhan,ratusan,bahkan ribuan pasang mata. bayangkan jika anda mengupdate status dengan seperti " Bete nih,di rumah sendirian.!",itu secara otomatis menginformasikan banyak orang bahwa posisi anda sedang tidak nyaman dan aman. akan lebih baik jika anda tidak membagikan informasi seperti itu atau yang mungkin mengancam keamanan anda di media jejaring sosial.
3. Nama baik tercemar
Pengguna Facebook pun rentan menjadi korban pencemaran nama baik. bisa dari foto atau dokumen pribadi yang disimpan pada akun jejaring sosial kemudian di salah gunakan oleh orang lain (hacker) yang berhasil mengakses akunnya tanpa izin. atau hacker tersebut membuat status,komentar atau tweet yang tidak baik menggunakan akun anda.setia orang yang membaca status tersebut tentu akan menganggap anda yang telah melakukannya dan anda lah yang akan dicap tidak baik. pastikan anda mengakses akun jejaring sosial anda dari perangkat yang hanya bisa diakses oleh anda dan orang yang anda percaya.pastikan pula keamanan pasword anda dengan menggunakan kombinasi huruf,angka,dan symbol pada pasword anda.
4. Terasing dari kehidupan nyata
Media jejaring sosial tanpa disadari membangun suatu sistem kehidupan layaknya dunia nyata, bahkan bagi sebagian orang mungkin lebih menarik dari kehidupannya yang utama. Pengguna dapat beinteraksi dengan teman berasal dari penjuru dunia sekalipun,dengan lebih mudah. Masalah akan timbul saat pengguna lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau memandangi ponsel kesayangannya dibanding berbicara dengan tetangga di sekitar tempat tinggalnya.dan mungkin membuat pengguna tersebut terasing dari lingkungannya.sebaiknya habiskan waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar anda,karena bagaimana orang disekeliling anda akan lebih cepat membantu saat dibutuhkan.
5. Menjadi tersangka kasus kejahatan
Resiko yang juga mungkin anda hadapi adalah menjadi tersangka kasus kejahatan tanpa anda sadari. hal ini dimulai dari status anda yang mngkin menyinggung perasaan orang atau golongan lain. anda bisa di laporkan atas perbuatan tidak menyenangkan atau pencemaran nama baik. untuk itu setiap kali anda membuat status/tweet atau mengomentari status orang lain sebaiknya anda pikirkan dengan efek yang mungkin ditimbulkannya. oke gitu aja atas info yang saya berikan,dan untuk anda agar selalu waspadai bahaya di balik status jejaring sosial facebook,twitter atau pun yang lainnya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Eone Davilza . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger